Jasa Arsitek Bangunan Komersil

A. TARIF / FEE ARSITEK

Berikut ini gambaran biaya jasa arsitek untuk desain villa mewah atau eksklusif, bangunan komersil atau bangunan bisnis seperti guest house, resort, kompleks perumahan, apartement, kondominium, hotel, spa, kafetaria, restoran, kantor, perkantoran, rukan, ruko, toko, pusat perbelanjaan, mall, pasar, stasiun, terminal, superblok/fungsi campuran, auditorium, bioskop, ruang pameran, ruang konferensi, ruang serbaguna, ruang pertemuan, perpustakaan, sekolah, gedung olahraga, gimnasium, kolam renang rekreasi, galeri, museum, kampus, istana, dll.

Nilai Bangunan / Proyek (Rp)
Persentase Fee Arsitek
≥Rp 500,000,000
7%
≥Rp 1,000,000,000
5%
≥Rp 5,000,000,000
5%
≥Rp 10,000,000,000
5%
≥Rp 50,000,000,000
3%
≥Rp 100,000,000,000
2%
≥Rp 500,000,000,000
1.5%
≥Rp 1.000,000,000,000
1%

TARIF PROMO JASA ARSITEK DESAIN PERUMAHAN (per type Bangunan)

Bagi Anda yang sudah memiliki masterplan sendiri (desain kavlingan tanah) dan hanya menginginkan desain per type bangunan dari kavlingan tanah yang berukuran sama dapat menggunakan Promo Harga dibawah ini, Harga dihitung per type bangunan yang sama persis.

NB: Harga desain hanya mencakup desain unit saja belum termasuk jasa pengukuran dan desain gambar teknis dari penataan kawasan: pengukuran luas lahan, pengukuran topografi/kontur, pengukuran kekuatan tanah, desain gate/gerbang, desain elektrikal kawasan, desain plumbing dan drainase kawasan, desain taman kawasan, desain fasilitas umum kawasan dan desain fasilitas sosial kawasan - (karena diasumsikan sudah dikerjakan oleh arsitek/drafter inhouse dan tim sipil dari Pihak Developer, apabila belum, jika diperlukan maka dapat dibuat sesuai keperluan dengan sedikit penambahan biaya).

Contoh: Jika Anda memerlukan desain Perumahan 20 Unit Type 120m2 dimana desainnya, baik style dan ukuran sama persis, maka dianggap hanya 1 Unit desain saja. Hal ini akan meminimalkan biaya desain yang berlebihan jika dihitung berdasarkan luasan total bangunan (20 x 120m2) sehingga Anda mendapatkan desain perumahan dengan biaya sangat hemat dan hampir mendekati biaya desain rumah tinggal biasa. Harga Sudah termasuk 1 gambar Render dalam tampilan cluster (Tampilan kawasan) untuk promosi/marketing. Jika dalam 1 perumahan terdapat lebih dari 1 type, maka jumlah unit desain mengikuti jumlah type bangunan.

No Luas Bangunan Biaya
1 0 - 100 m2   Rp 22,500,000
2 101-150 m2   Rp 27,000,000
3 151-200 m2   Rp 37,500,000
4 201-250 m2   Rp 45,000,000
Mengapa Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk menggunakan jasa arsitek profesional? Silakan temukan jawabannya disini: Mengapa perlu jasa arsitek
*Fee arsitek yang tertera di halaman website ini sewaktu-waktu dapat berubah, dan Jika Anda memiliki suatu penawaran fee yang berbeda atau negosiasi dapat memberikan proposal penawaran kepada kami lewat info@emporioarchitect.com. Kami akan mempelajari kebutuhan yang diminta, menganalisa tim yang akan dilibatkan dan tingkat kesulitannya, kemudian memberikan informasi awal kepada Anda dalam waktu paling cepat 24jam dan maximal 7 hari kerja.

B. PROSEDUR PEMESANAN JASA DESAIN VILLA MEWAH & BANGUNAN KOMERSIL


1. TAHAP PERTAMA

1. Klien memberikan informasi rencana desain termasuk data-data yang diperlukan (via form pemesanan atau kirimkan proposal penawaran proyek melalui email ke info@emporioarchitect.com berupa ukuran/dimensi tanah (softcopy/hasil scanner GS/Denah tanah pada sertifikat), daftar kebutuhan ruang, dan lokasi serta layanan tambahan yang diinginkan, atau bisa meeting langsung)

2. Setelah kami menerima cukup data yang diperlukan. Kami mengirimkan pengajuan biaya berdasarkan tingkat kesulitan, perkiraan luas bangunan yang direncanakan, kelengkapan gambar dan layanan tambahan yang diinginkan client, hingga tim bidang apa saja yang akan dilibatkan disertai dengan kontrak desain yang mencakup biaya, include-exclude, termin pembayaran, isi kesepakatan, jadwal finish, dll. yang akan disetujui oleh kedua belah pihak sebelum mulai kerja sama.

3. Klien melakukan pembayaran commitment fee (biasanya 10% dari total biaya desain) melalui transfer untuk keperluan:

  1. Survey dan penilaian lokasi
  2. Pengukuran luas lahan
  3. Pengukuran topografi (kontur) lahan
  4. Pembuatan kontrak kerja dan schedule / jadwal kerja
  5. Pengetesan kekuatan tanah (sondir)
  6. Konsultasi arsitektural

2. TAHAP KEDUA

1. Klient membayar termin ke-2, 20% dari total biaya desain untuk pembuatan konsep master layout (zoning), pembuatan master layout (pengkavlingan).

2. Setelah master layout diterima oleh klien dan sudah disetujui, maka selanjutnya pembuatan konsep tampak master dan konsep potongan master.

3. TAHAP KETIGA

Klien membayar termin ke-3, 50% dari total biaya desain untuk pembuatan:

  1. Pembuatan Konsep denah tiap unit bangunan
  2. Pembuatan Tampak dan potongan tiap unit bangunan
  3. Pembuatan 3D Model bangunan
  4. Pembuatan Gambar Kerja Arsitektur
  5. Pembuatan Gambar Kerja Struktur
  6. Pembuatan Gambar Kerja MEP
  7. Pembuatan Konsep denah berwarna
  8. Pembuatan Gambar 3D Render Exterior
  9. Pembuatan Gambar 3D Render Interior
  10. Pembuatan RAP/RAB untuk acuan tender

4. TAHAP KEEMPAT

Klien membayar termin ke-4, 20% dari total biaya desain untuk penyerahan hasil desain. Hasil desain berupa print out A3 terjilid dan CD softcopy.


Bagi yang memerlukan pemborong atau kontraktor (khusus wilayah Bali)

1. Bagi klien yang ingin dicarikan tim kontraktor, kami akan mengenalkan beberapa Tim Kontraktor kepada klien untuk menghitungkan biaya pembangunannya.
2. Hasil perhitungan pembangunan kemudian diajukan kepada klien (klien bertemu langsung dengan Tim Kontraktor yang telah diseleksi sebelumnya oleh client).
3. Jika klien merasa cocok dengan salah satu Tim Kontraktor, maka klien dipersilahkan melanjutkan hingga tahap sign kontrak dengan tim kontraktor tsb. NB: segala kesepakatan antara klien dan tim kontraktor menjadi tanggung jawab dari klien dan tim kontraktor, Renon Property/Emporio Architect hanya membantu mengenalkan klien dengan tim kontraktor ybs dan memberikan tips dalam pembuatan kontrak yang melindungi kedua belah pihak.
4.Jika semua berkas telah bersama-sama disetujui antara Klien dan Tim Kontraktor, maka proses pembangun dapat dimulai.

C. TERMIN PEMBAYARAN JASA DESAIN / FEE ARSITEK

*Termin Pembayaran sewaktu-waktu dapat berubah dan dapat disesuaikan untuk nilai bangunan lebih dari 5M.
Termin I 10% Commitment Fee
  Konsultasi arsitektural
  Survey dan penilaian lokasi
  Pengukuran luas lahan
  Pengukuran topografi (kontur) lahan
  Pembuatan kontrak kerja dan schedule / jadwal kerja
  Pengetesan kekuatan tanah (sondir)
   
Termin II 20% Start Konsep Master Plan
  Pembuatan Master Layout
  Pembuatan Konsep Tampak Master & Potongan Master
   
Termin III 50% Start Konsep Detail
  Pembuatan Konsep 2D per Unit
  Pembuatan Konsep / Model 3D
  Pembuatan Gambar Kerja Arsitektur
  Pembuatan Gambar Kerja Struktur
  Pembuatan Gambar Kerja MEP
  Pembuatan Gambar 3D Render Halus
  Pembuatan RAP (Untuk Patokan Tender)
  Pembuatan Gambar IMB untuk pengurusan pertama
   
Termin IV 20% Penyerahan Gambar Kerja Komplit
  Penyerahan Print Out Gambar Kerja & 3D Komplit dijilid
*Termin Pembayaran sewaktu-waktu dapat berubah dan dapat disesuaikan untuk nilai bangunan lebih dari 5M.